Mau Cat Perabot Sendiri? Yuk Simak Tips Berikut!



Mau Cat Perabot Sendiri? Yuk Simak Tips Berikut! - Apakah anda merasa bahwa perabot di rumah anda sudah terlihat usang? Jika iya pasti pernah terpikir untuk mengganti perabot anda dengan yang baru. Namun tidak semua orang ingin mengeluarkan budget lebih hanya untuk membeli perabot baru. Meski begitu, anda tidak perlu khawatir tampilan rumah anda menjadi jelek.

Anda bisa menyiasati perabot yang sudah usang dengan cara mengecat ulang perabot tersebut. Dengan begitu, perabot anda akan tampak indah seperti baru dan juga mempercantik ruangan. Sayangnya banyak orang yang melakukan kesalahan dalam mengecat. Nah, agar pengecatan berjalan lancar dan tampak bagus, yuk simak tips di bawah ini.


Bersihkan cat lama

Hal ini sudah menjadi kebiasaan kebanyakan orang. Banyak orang kadang terlalu malas untuk membersihkan sisa cat yang lama pada furnitur dan langsung menimpanya dengan cat yang baru. Padahal hal tersebut sangat tidak dianjurkan. Cat lama yang tidak dibersihkan dahulu dapat membuat cat baru tidak menempel dengan sempurna.

Oleh karena itu, sebaiknya bersihkan dahulu sisa cat yang lama kemudian menghaluskan permukaan dengan menggunakan kertas amplas. Setelah permukaan halus dan rapi, barulah anda bisa memulai mengecat perabot dengan cat yang baru.

Bersihkan residu

Biasanya residu pada permukaan perabot sangat jarang diperhatikan. Nah, sebaiknya permukaan perabot dibersihkan dengan kain untuk menghilangkan residu yang tersisa. Pastikan semua permukaan dibersihkan secara menyeluruh.

Perhatikan celah sempit

Biasanya celah-celah sempit pada perabot sering kali dilupakan dan tidak diperhatikan. Nah, hal inilah yang membuat pengecatan biasanya tidak maksimal. Pastikan untuk memperhatikan seluruh detail perabot dan dibersihkan secara menyeluruh.

Cat berlapis

Rata-rata orang hanya mengecat perabot sebanyak satu kali saja dan itu pun tanpa lapisan cat pelindung. Sebenarnya jika ingin hasil yang lebih maksimal dan tahan lama, cat beberapa lapis sangat dianjurkan. Terutama penggunaan cat dasar dahulu sebelum cat utama.

Setelah mengecat permukaan perabot dengan cat dasar, barulah anda bisa mengecatnya dengan cat utama. Lakukan pengecatan sebanyak 3 atau 4 kali. Jangan lupa juga tunggu cat sampai kering dahulu baru dilanjutkan dengan cat berikutnya agar hasil yang lebih bagus dan tahan lama.

Komentar